Fungsi Google Analytics Dan Cara Memasangnya Pada Blog

Sudahkah anda melakukan verifikasi terhadap situs anda?, entah itu blog atau website?. Jika belum, segera lakukan karena hal itu penting bagi robot (mesin pencari) Google. Meski verifikasi tidak mempengaruhi PageRank atau mempengaruhi kinerja situs Anda dalam hasil pencarian Google, namun Google perlu mengenali situs anda dan memberikan informasi menyeluruh terhadap suatu situs.
Ketika telah terverifikasi, kita dapat mendiagnosa potensi masalah dan meningkatkan kualitas situs, menambah dan mengatur pemilik situs lain, memberitahu mesin pencari bagaimana kita lebih memilih situs yang akan diindeks, menentukan wilayah geografis yang akan ditergetkan dll.
Ada beberapa cara menverifikasi situs, diantaranya menambahkan meta tag ke template situs kita , dan menambahkan kode Google Analytics.
Adapun cara memasang Google Analytics, silahkan ikuti langkah berikut:
Kunjungi situs Google Analytics.
Jika belum mendaftar sebelumnya, klik Sign Up Now

Lengkapi data-data situs seperti: URL, Account Name, Time Zone Country/Territory, Country and Time Zone dll, selanjutnya klik tombol Craete Account.
Centang pada tulisan Yes, i agree to the aboves terms and conditions dan klik Create New Account, seperti ini:

Copy kode yang ada seperti pada gambar di atas. Kode inilah yang akan Anda sisipkan di template blog/ website anda, sebelum kode </head>.
Terakhir dibawah kolom centang, perhatikan panah pada gambar, klik save. Sukses..


Sumber : http://nbtutorial.blogspot.com/2012/08/cara-mendaftar-dan-fungsi-google.html